Rabu, 21 Maret 2018

Kartu Soal Ekonomi SMA taxonomy bloom


ANALISIS KI DAN KD
Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar (KD)

5.1 Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, dan PN.
5.2 Menjelaskan manfaat penghitungan pendapatan nasional.
5.3 membandingkan PDB dan pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lain.


5.4  Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi



RANAH KOGNITIF
A.    MENGETAHUI (C1)
KARTU SOAL (PILIHAN GANDA)
Level C1
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas/Semester            : X/2
Kurikulum                   : KTSP
Kompetensi Dasar   : 5.1 Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, dan PN.
Materi                      : Pendapatan Nasional
Indikator Soal          : Siswa dapat menjelaskan pengertian pendapatan nasional
Level Kognitif         : Mengetahui (C1)
 
                                              

 


Pilihan ganda
1.        Jumlah pendapatan yang diterima oleh faktor-faktor produksi yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasa dalam suatu tahun tertentu disebut....
a.       Pendapatan disposibel
b.      Pendapatan neto
c.       Pendapatan nasional
d.      Produk domestik bruto
e.       Produk nasional bruto
Kunci Jawaban: C
Keterangan:
Soal ini termasuk ke dalam soal LOTS karena:
1)        Untuk menjawab pertanyaan di atas, peserta didik terlebih dahulu diberi stimulus berupa paparan materi. Kemudian peserta didik diminta mengulang pengertian tentang pendapatan nasional.
2)        Dari hasil pengulangan tentang pengertian pendapatan nasional, peserta didik selanjutnya menyeleksi jawaban yang tepat dari pernyataan tentang pendapatan nasional.

KARTU SOAL (URAIAN)
Level C1
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas/Semester            : X/2
Kurikulum                   : KTSP           
Kompetensi Dasar    : 5.2 Menjelaskan manfaat penghitungan pendapatan
                                    nasional.
Materi                      : Pendapatan Nasional
Indikator Soal          : Siswa dapat menjelaskan tujuan dan manfaat pendapatan
                                   nasional
Level Kognitif         : Mengetahui (C1)
 
 
 



Uraian
2.      Sebutkan tujuan dan manfaat penghitungan pendapatan nasional!
Kunci Jawaban:
Tujuan penghitungan pendapatan nasional adalah sebagai berikut:
a.       Untuk melihat kemajuan masyarakat dan negara di bidang perekonomian serta melihat pemerataan pembangunan guna mencapai keadilan dan kemakmuran.
b.      Untuk memperoleh taksiran yang akurat tentang nilai barang dan jasa yang dihasilkan suatu masyarakat dalam satu tahun.
c.       Untuk mengkaji dan mengendalikan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat perekonomian suatu negara.
d.      Untuk membantu membuat rencana dan melaksanakan program pembangunan berjangka guna mencapai tujuan pembagunan nasional.
Manfaat yang dapat diperoleh dengan mempelajari pendapaan nasional adalah sebagai berikut:
a.       Untuk mengetahui struktur perekonomiansuatu negara apakah agraris, industri, dan lain-lain.
b.      Untuk mengetahui perkembangan perekonomian dari tahun ke tahun apakah mengalami kemajuan, tetap, atau kemunduran.
c.       Untuk mengetahui tingkat kemakmuran masyarakat.
d.      Untuk membandingkan perekonomian antarnegara.
e.       Sebagai pedoman bagi pemerintah untuk mengambil kebijakan yang berkaitan dengan pembangunan perekonomian masyarakat.
Keterangan:
Soal ini termasuk ke dalam soal LOTS karena:
1)      Untuk menjawab pertanyaan di atas, peserta didik terlebih dahulu diberi stimulus berupa paparan tentang tujuan dan manfaat pendapatan nasional. Kemudian peserta didik diminta mengulang untuk dapat menjawab tujuan dan manfaat pendapatan nasional tersebut.
2)      Dari hasil pengulangan tentang tujuan dan manfaat pendapatan nasional, peserta didik selanjutnya mengetahui jawaban yang tepat tentang tujuan dan manfaat pendapatan nasional.






RANAH KOGNITIF
B.     MEMAHAMI (C2)
KARTU SOAL (URAIAN)
Level C2
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas/Semester            : X/2
Kurikulum                   : KTSP           
Kompetensi Dasar    : 5.3 membandingkan PDB dan pendapatan per kapita    Indonesia dengan negara lain
Materi                      : Pendapatan Per Kapita
Indikator Soal          : Siswa dapat menjelaskan hubungan antara pendapatan  nasional, penduduk, dan pendapatan per kapita
Level Kognitif         : Memahami (C2)
 
 
 



Uraian
3.      Jelaskan hubungan Pendapatan Nasional, Penduduk dan Pendapatan Per Kapita!
Kunci Jawaban:
Besarnya pendapatan nasional, jumlah penduduk, dan pendapatan pendapatan per kapita adalah tiga aspek yang saling berhubungan. Tinggi rendahnya pendapatan per kapita dipengaruhi oleh jumlah pendapatan nasional dari jumlah penduduk. Jika pendapatan nasional tinggi dan jumlah penduduk besar, maka pendapatan per kapita akan rendah. Sebaliknya walaupun pendapatan nasional rendah dan jumlah penduduk kecil, pendapatan per kapita kemungkinan akan tinggi. Jadi, untuk meningkatkan pendapatan per kapita sebuah negara harus meningkatkan pendapatan nasional dan memperkecil laju pertumbuhan penduduk.

Keterangan:
Soal ini termasuk ke dalam soal MOTS karena:
1)      Untuk menjawab pertanyaan di atas, peserta didik terlebih dahulu diberi stimulus berupa paparan materi tentang pendapatan per kapita. Kemudian peserta didik diminta menjelaskan tentang hubungan pendapatan per kapita tersebut dengan pendapatan nasional dan penduduk.
2)      Dari hasil penjelasan tentang hubungan pendapatan nasional, penduduk, dan pendapatan per kapita tersebut,  peserta didik selanjutnya memahami bagaimana hubungan pendapatan nasional, penduduk, dan pendapatan per kapita.

RANAH KOGNITIF
C.    MENGAPLIKASI (C3)
KARTU SOAL (PILIHAN GANDA)
Level C3
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas/Semester            : X/2
Kurikulum                   : KTSP           
Kompetensi Dasar   : 5.4 Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi
Materi                      : Indeks Harga
Indikator Soal        : Siswa dapat menerapkan perhitungan indeks harga   laspeyres
Level Kognitif         : Mengaplikasi (C3)
 
 
 






Pilihan ganda
4.      Perhatikan tabel berikut ini!
Jenis Barang
Harga (Rp) Per Satuan
Produksi dalam satuan
2009
2010
2009
2010
1
2
3
4
5
A
B
C
D
E
691
310
439
405
568
2020
661
1000
989
1300
741
958
39
278
2341
937
1499
30
400
3242
Berdasarkan data diatas, besarnya  indeks harga agregatif tertimbang apabila dihitung dengan menggunakan rumus laspeyres pada tahun 2010 dengan tahun dasar 2009 adalah....
a.       240,47%
b.      241,4%
c.       240,91%
d.      241,90%
e.       242%
Kunci Jawaban:  D
Penyelesaian:
I10/09      = ∑P10Q09   x 100 %
               ∑P09Q09

   = (2.020)(741) + (661)(958) + (1000)(39) + (989)(278) + (1300)(2341)  x 100 %
        (691)(741) + (310)(958) + (439)(39) + (405)(278) + (568)(2341)

   = 241,90 %



Keterangan:
Soal ini termasuk ke dalam soal MOTS karena:
1)      Untuk menjawab pertanyaan di atas, peserta didik terlebih dahulu diberi stimulus berupa paparan materi tentang indeks harga, terlebih rumus dalam penghitungan indeks layspeyer. Kemudian peserta didik diminta mengaplikasikan/ menerapkan rumus dengan data untuk dapat menjawab pertanyaaan.
2)      Dari hasil pengaplikasian tentang menghitung indeks agretatif tersebut, selanjutny peserta didik dapat menerapkan rumus dengan data dan dapat memberikan jawaban yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf apabila masih banyak kesalahan dan kekurangan. Masih harus belajar, hehe :)
semoga bermanfaat