ANALISIS
KI DAN KD
Kompetensi Inti (KI)
|
1.
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar (KD)
|
5.1 Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, dan PN.
5.2 Menjelaskan manfaat penghitungan pendapatan
nasional.
5.3 membandingkan PDB dan pendapatan per kapita
Indonesia dengan negara lain.
|
5.4 Mendeskripsikan
indeks harga dan inflasi
|
RANAH
KOGNITIF
A.
MENGETAHUI (C1)
KARTU SOAL (PILIHAN GANDA)
Level
C1
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X/2
Kurikulum : KTSP
|
Pilihan ganda
1.
Jumlah pendapatan yang diterima
oleh faktor-faktor produksi yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasa
dalam suatu tahun tertentu disebut....
a. Pendapatan
disposibel
b. Pendapatan
neto
c. Pendapatan
nasional
d. Produk
domestik bruto
e. Produk
nasional bruto
Kunci Jawaban: C
Keterangan:
Soal ini termasuk ke dalam soal LOTS karena:
1)
Untuk
menjawab pertanyaan di atas, peserta didik terlebih dahulu diberi stimulus berupa paparan
materi.
Kemudian peserta didik diminta mengulang pengertian tentang pendapatan nasional.
2)
Dari hasil pengulangan tentang pengertian pendapatan
nasional, peserta didik selanjutnya menyeleksi
jawaban yang tepat dari pernyataan tentang pendapatan nasional.
KARTU SOAL (URAIAN)
Level
C1
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X/2
Kurikulum : KTSP
|
Uraian
2.
Sebutkan tujuan dan manfaat
penghitungan pendapatan nasional!
Kunci Jawaban:
Tujuan
penghitungan pendapatan nasional adalah sebagai berikut:
a. Untuk
melihat kemajuan masyarakat dan negara di bidang perekonomian serta melihat
pemerataan pembangunan guna mencapai keadilan dan kemakmuran.
b. Untuk
memperoleh taksiran yang akurat tentang nilai barang dan jasa yang dihasilkan
suatu masyarakat dalam satu tahun.
c. Untuk
mengkaji dan mengendalikan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat perekonomian
suatu negara.
d. Untuk
membantu membuat rencana dan melaksanakan program pembangunan berjangka guna
mencapai tujuan pembagunan nasional.
Manfaat
yang dapat diperoleh dengan mempelajari pendapaan nasional adalah sebagai
berikut:
a. Untuk
mengetahui struktur perekonomiansuatu negara apakah agraris, industri, dan
lain-lain.
b. Untuk
mengetahui perkembangan perekonomian dari tahun ke tahun apakah mengalami
kemajuan, tetap, atau kemunduran.
c. Untuk
mengetahui tingkat kemakmuran masyarakat.
d. Untuk
membandingkan perekonomian antarnegara.
e. Sebagai
pedoman bagi pemerintah untuk mengambil kebijakan yang berkaitan dengan
pembangunan perekonomian masyarakat.
Keterangan:
Soal
ini termasuk ke dalam soal LOTS karena:
1)
Untuk
menjawab pertanyaan di atas, peserta didik terlebih dahulu diberi stimulus berupa paparan
tentang tujuan dan manfaat pendapatan nasional. Kemudian peserta didik diminta mengulang untuk dapat menjawab
tujuan dan manfaat pendapatan nasional tersebut.
2)
Dari hasil pengulangan tentang tujuan dan manfaat
pendapatan nasional, peserta didik selanjutnya mengetahui jawaban yang tepat tentang tujuan dan manfaat pendapatan nasional.
RANAH
KOGNITIF
B.
MEMAHAMI (C2)
KARTU SOAL (URAIAN)
Level
C2
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X/2
Kurikulum : KTSP
|
Uraian
3.
Jelaskan hubungan Pendapatan
Nasional, Penduduk dan Pendapatan Per Kapita!
Kunci
Jawaban:
Besarnya
pendapatan nasional, jumlah penduduk, dan pendapatan pendapatan per kapita
adalah tiga aspek yang saling berhubungan. Tinggi rendahnya pendapatan per
kapita dipengaruhi oleh jumlah pendapatan nasional dari jumlah penduduk. Jika
pendapatan nasional tinggi dan jumlah penduduk besar, maka pendapatan per
kapita akan rendah. Sebaliknya walaupun pendapatan nasional rendah dan jumlah
penduduk kecil, pendapatan per kapita kemungkinan akan tinggi. Jadi, untuk
meningkatkan pendapatan per kapita sebuah negara harus meningkatkan pendapatan
nasional dan memperkecil laju pertumbuhan penduduk.
Keterangan:
Soal
ini termasuk ke dalam soal MOTS karena:
1)
Untuk
menjawab pertanyaan di atas, peserta didik terlebih dahulu diberi stimulus berupa paparan
materi tentang pendapatan per kapita. Kemudian peserta didik diminta menjelaskan tentang hubungan pendapatan per kapita tersebut dengan
pendapatan nasional dan penduduk.
2)
Dari hasil penjelasan tentang hubungan pendapatan nasional, penduduk, dan pendapatan per kapita tersebut, peserta didik selanjutnya memahami bagaimana hubungan pendapatan nasional, penduduk, dan pendapatan per kapita.
RANAH
KOGNITIF
C. MENGAPLIKASI
(C3)
KARTU SOAL (PILIHAN GANDA)
Level
C3
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X/2
Kurikulum : KTSP
|
Pilihan ganda
4. Perhatikan tabel berikut ini!
Jenis Barang
|
Harga (Rp) Per Satuan
|
Produksi dalam satuan
|
||
2009
|
2010
|
2009
|
2010
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
A
B
C
D
E
|
691
310
439
405
568
|
2020
661
1000
989
1300
|
741
958
39
278
2341
|
937
1499
30
400
3242
|
Berdasarkan
data diatas, besarnya indeks harga
agregatif tertimbang apabila dihitung dengan menggunakan rumus laspeyres pada
tahun 2010 dengan tahun dasar 2009 adalah....
a. 240,47%
b. 241,4%
c. 240,91%
d. 241,90%
e. 242%
Kunci Jawaban: D
Penyelesaian:
I10/09
= ∑P10Q09 x 100 %
∑P09Q09
= (2.020)(741) + (661)(958) + (1000)(39)
+ (989)(278) + (1300)(2341) x 100 %
(691)(741) + (310)(958) + (439)(39) +
(405)(278) + (568)(2341)
= 241,90 %
Keterangan:
Soal
ini termasuk ke dalam soal MOTS karena:
1)
Untuk
menjawab pertanyaan di atas, peserta didik terlebih dahulu diberi stimulus berupa paparan
materi tentang indeks harga, terlebih rumus dalam penghitungan indeks layspeyer. Kemudian peserta
didik diminta mengaplikasikan/ menerapkan rumus dengan
data untuk dapat menjawab pertanyaaan.
2)
Dari hasil pengaplikasian tentang menghitung indeks
agretatif tersebut, selanjutny peserta didik dapat menerapkan
rumus dengan data dan dapat memberikan jawaban
yang tepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Mohon maaf apabila masih banyak kesalahan dan kekurangan. Masih harus belajar, hehe :)
semoga bermanfaat