CONTOH SOAL EKONOMI
Disusun Guna Memenuhi
Tugas Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran
Dosen Pengampu: Sudarno,
S. Pd, M. Pd
Disusun Oleh:
Noviana Dwi Saputri
K7616049
PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS
MARET
SURAKARTA
MEI 2018
Instrumen/butir Soal Pengetahuan
No
|
Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A.
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
B
1.
2.
3.
4.
5.
|
Pilihan Ganda
Definisi indeks harga yang
paling tepat adalah....
a. Alat untuk mengukur tingkat perubahan harga
kelompok barang dan jasa
b. Ukuran yang menunjukkan tentang
perubahan-perubahan yang terjadi pada harga dari waktu ke waktu
c. Pertambahan jumlah uang yang beredar di
masyarakat
d. Menurunnya daya beli masyarakat
e. Suatu proses penurunan tingkat harga secara umum
Di bawah ini yang bukan merupakan ciri dari indeks
harga adalah....
a. Indeks harga ditetapkan dalam bentuk persentase
b. Indeks harga sebagai pedoman nilai standaruntuk
menentukan perbandingan harga dari waktu ke waktu
c. Penetapan indeks harga didasarkan hasil
pengumpulan data dari sumber relevan
d. Penetapan indeks harga didasarkan pada
pertambahan jumlah uang yang beredar di masyarakat
e. Penetapan indeks harga didasarkan waktu normal
atau kondisi ekonomi stabil yang berjauhan dengan waktu yang akan datang.
Salah satu manfaat perhitungan
indeks harga bagi pemerintah yaitu....
a. Menetapkan jumlah upah yang layak bagi pegawai
b. Mengetahui perubahan harga bahan baku
c. Mengurangi angka pengangguran
d. Menentukan jenis barang yang akan diproduksi
e. Menentukan kebijakan harga untuk stabilitas
ekonomi makro
Dalam menghitung angka indeks
Laspeyres, yang menjadi faktor penimbang adalah....
a.
Harga
pada tahun ke-n
b.
Harga
pada tahun dasar
c.
Kuantitas
pada tahun dasar
d.
Kuantitas
pada tahun ke-n
e.
Harga
dan kuantitas pada tahun dasar
Indeks harga yang digunakan
Badan Pusat Statistik untuk menghitung laju inflasi yaitu....
a.
Indeks
Laspeyres
b.
Indeks
Paasche
c.
Indeks
paritas
d.
Indeks
harga produsen
e.
Indeks
harga konsumen
Perhatikan pernyataan di bawah
ini!
1) Indeks harga dapat dijadikan dasar untuk
menetapkan pola/kebijakan ekonomi dan moneter oleh pemerintah.
2) Indeks harga dapat digunakan untuk mengurangi
angka pengangguran.
3) Indeks harga pedagang besar dapat memberikan
gambaran atau tren dalam perdagangan.
4) Indeks harga dapat digunakan untuk menentukan
kebijakan harga untuk stabilitas ekonomi makro.
5) Indeks harga yang dibayar atau diterima petani
dapat menggambarkan apakah petani semakin makmur atau tidak.
Berdasarkan pernyataan di atas, yang termasuk peranan indeks harga
dalam ekonomi adalah....
a. 1, 2, 3
b. 2, 3, 4
c. 1, 3, 5
d. 3, 4, 5
e. 1, 3, 5
Jika diketahui jumlah harga tahun 2004 Rp.
9.500,- dan jumlah harga tahun 2005 Rp. 11.100,- maka angka indeks agregat sederhana adalah....
a.
116,84
b.
115,48
c.
114,84
d.
161,84
e.
162,48
Perhatikan tabel berikut!
Berdasarkan data di atas, maka
indeks harga apabila dihitung dengan menggunakan metode Laspeyres adalah....
a.
95 %
b.
100 %
c.
105 %
d.
110 %
e.
115 %
Pengertian inflasi adalah...
a.
Suatu proses penurunan tingkat harga
barang-barang secara umum.
b.
Suatu proses kenaikan tingkat harga
barang-barang secara umum.
c.
Jumlah uang yang beredar bertambah
d. Menurunnya daya beli
masyarakat
e.
Ketidakseimbangan dalam perekonomian
Perhatikan pernyataan
berikut:
1)
Permintaan masyarakat meningkat.
2)
Penawaran yang lebih besar melebihi jumlah
barang.
3)
Adanya penambahan jumlah uang yang beredar.
4)
Permintaan yang lebih besar melebihi jumlah
barang yang tersedia.
Dari pernyataan
diatas yang merupakan penyebab inflasi adalah...
a.
1 dan 2
b.
1 dan 4
c.
1, 2, dan 4
d. 1, 3, dan 4
e.
1, 2, 3, dan 4
Berdasarkan tingkat
keparahannya, inflasi yang besarnya mencapai 30% sampai 100% digolongkan
dalam....
a.
deflasi
b.
Inflasi ringan
c.
Inflasi sedang
d. Inflasi berat
e.
Hiperinflasi
Untuk menghitung laju inflasi dapat dilakukan dengan berbagai cara
yaitu....
a.
GNP, GNP Deflator, Indeks Harga
Konsumen, dan Indeks Harga Produsen
b.
GNP Deflator, Indeks Harga
Konsumen, dan Indeks Harga Produsen
c.
GNP Deflator dan Indeks Harga Konsumen
d.
GNP Deflator dan Indeks Harga Produsen
e.
GNP dan GNP Deflator
Cara mengatasi inflasi yang terus menerus dapat dilakukan dengan
kebijakan-kebijakan berikut, kecuali....
a.
Kebijakan moneter
b.
Kebijakan fiskal
c.
Kebijakan nonmoneter
d.
Kebijakan nonfiskal
e.
Kebijakan politik
Apabila suatu negara mengalami hiperinflasi, maka cara penanggulangannya
adalah....
a.
Meningkatkan tingkat suku bunga
b.
Membeli surat-surat berharga
c.
Menurunkan pajak
d.
Menurunkan cadangan kas minimum
e.
Menambah pengeluaran negara
Berikut yang bukan merupakan
dampak positif inflasi adalah....
a.
Memperluas kesempatan kerja
b.
Meningkatkan pendapatan nasional
c.
Mendorong pengusaha memperluas produksi
d.
Mendorong perkembangan ekonomi
e.
Ketidakpastian ekonomi negara
Uraian
Jelaskan peranan indeks harga dalam perekonomian!
Harga minyak goreng
perliter pada minggu pertama Rp 11.500,00, sedangkan pada minggu kedua, harga
menjadi Rp 12600,00. Berapa indeks harganya?
Sebutkan dampak negatif dan positif inflasi masing-masing 3 !
Hitunglah indeks harga agregatif tertimbang dengan menggunakan rumu
Paasche dari data berikut!
Telah diketahui rata-rata harga
sembako di kabupaten Bekasi sebagaimana di sajikan pada tabel berikut.
Tabel
Harga:
Berdasarkan
tabel harga rata-rata sembako tersebut hitunglah:
a.
Indeks harga tahun 2015 jika indeks harga 2014 =
100!
b.
Inflasi tahun 2015!
c.
Termasuk inflasi jenis apakah yang terjadi?
|
B
D
A
C
E
C
A
Penyelesain:
IA = ∑Pn x 100%
∑P0
= 11.100 x 100%
9.500
= 116,84
C
Penyelesaian:
IL = ∑(Pn . Q0) x 100%
∑(P0 . Q0)
= 210.000 x 100%
200.000
= 105%
B
D
D
B
E
A
E
1.
Peranan indeks harga dalam perekonomian yaitu:
a.
Sebagai dasar atau pedoman untuk membandingkan harga dari waktu ke waktu
b.
Sebagai petunjuk(indicator) yang dapat digunakan untuk mengukur pertumbuhan
ekonomi secara umum atau barometer dari kondisi ekonomi umum.
c.
Sebagai pedoman bagi pemerintah dalam menyusun kebijaksanaan ekonomi
(yang meliputi harga perdagangan, perpajakan dan moneter).
d.
Indeks harga konsumen digunakan untuk:
·
Menetapkan UMR.
·
Mengukur biaya hidup rata rata.
·
Mengukur laju inflasi.
·
Indeks harga hasil pertanian menggambarkan tingkat kemakmuran petani.
·
Indeks harga produsen dapat digunakan sebagai pedoman bagi produsen
untuk.
·
Menetapkan harga pokok.
2.
Penyelesaian:
Diketahui:
Harga sekarang: 12.600
Harga tahun depan: 11.500
Ditanya: IHK?
Jawab:
IHK = Harga sekarang x 100 %
Harga tahun depan
= 12600 x 100%
11500
= 109,56%
3. Dampak negatif
terjadinya inflasi:
a.
Neraca perdagangan defisit
b.
Mengurangi defisa negara
c.
Ketidak pastian ekonomi negara, dll.
Dampak positif terjadinya inflasi:
a.
Mendorong pengusaha
memperluas produksi
b.
Meningkatkan pendapatan
nasional
c.
Memperluas kesempatan
kerja.
4.
Penyelesaian:
IP = ∑(Pn . Qn) x 100%
∑(P0 . Qn)
IP = (2.020)(937)+(661)(1.499)+
(1.000)(30)+(989)(400)+
(1.300)(3.242) x 100%
(691)(937)+(310)(1.499)+
(439)(30)+(405)(400)+
(568)(3242)
= 240,47%
5.
Diketahui:
∑Pn = 111.900
∑P0 = 98.550
Ditanyakan:
a.
IH tahun n (2015)?
Jawab:
Indeks Harga = ∑
Pn x 100
∑ P0
Indeks Harga 2014 = 100
Indeks Harga 2015 = ∑ P2015 x 100
∑ P2014
Indeks
Harga 2015
=
(111.900/98.550) x 100%
= 1,135464 x 100
= 113,55%
b.
Inflasi 2015 = IH 2015 – IH 2014
= 113,55%
– 100%
= 13,55%
c.
Inflasi tersebut termasuk inlfasi
sedang.
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
20
20
20
20
20
|
Pedoman Penskoran :
a.
Petunjuk Penilaian Soal Pilihan Ganda
Nomor Soal
|
Bobot Soal
|
1-15
|
1
|
|
|
Jumlah Skor Maksimal
|
15
|
Jika benar mendapat skor 1, dan jika benar semua mendapat
skor maksimal 15
Jika salah mendapat skor 0
Penentuan Penilaian:
N = Skor Perolehan
x 100
Skor
Maksimal
b.
Petunjuk Penilaian Soal Uraian
No.
|
Jenis soal
|
Bobot Soal
|
Kriteria Penskoran
|
Nilai Akhir
|
||||
0
|
5
|
10
|
15
|
20
|
|
|||
1.
|
Uraian
|
20
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Uraian
|
20
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Uraian
|
20
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Uraian
|
20
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Uraian
|
20
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor maksimal = 100
|
c.
Nilai Akhir
N = Total Skor
Pilihan Ganda + Total Skor uraian
2
d.
Rubrik Penilaian (Uraian)
Soal No. 1
Skor 20
|
Jika peserta didik mampu
menjawab dengan tepat/jelas sesuai dengan kajian teori pada buku pembelajaran
|
Skor 15
|
Jika peserta didik mampu
menjawab dengan jelas/mendekati kajian teori pada buku pembelajaran
|
Skor 10
|
Jika peserta didik
menjawab tidak terlalu jelas/tepat dengan kajian pada buku pembelajaran
|
Skor 5
|
Jika peserta didik
menjawab tidak sesuai dengan kajian pada buku pembelajaran
|
Skor 0
|
Jika peserta didik tidak
menjawab pertanyaan yang diberikan
|
Soal No. 2
Skor 20
|
Jika peserta didik mampu
menjawab dengan benar sesuai dengan rumus/kajian teori pada buku pembelajaran
|
Skor 15
|
Jika peserta didik mampu
menjawab dengan benar/mendekati sesuai dengan rumus/kajian teori pada buku
pembelajaran
|
Skor 10
|
Jika peserta didik
menjawab salah namun sesuai dengan rumus/kajian pada buku pembelajaran
|
Skor 5
|
Jika peserta didik
menjawab salah dan tidak sesuai dengan kajian pada buku pembelajaran
|
Skor 0
|
Jika peserta didik tidak
menjawab pertanyaan yang diberikan
|
Soal no 3
Skor 20
|
Jika peserta didik mampu
menjawab dengan tepat/jelas sesuai dengan kajian teori pada buku pembelajaran
|
Skor 15
|
Jika peserta didik mampu
menjawab dengan jelas/mendekati kajian teori pada buku pembelajaran
|
Skor 10
|
Jika peserta didik
menjawab tidak terlalu jelas/tepat dengan kajian pada buku pembelajaran
|
Skor 5
|
Jika peserta didik
menjawab tidak sesuai dengan kajian pada buku pembelajaran
|
Skor 0
|
Jika peserta didik tidak
menjawab pertanyaan yang diberikan
|
Soal no 4
Skor 20
|
Jika peserta didik mampu
menjawab dengan benar sesuai dengan rumus/kajian teori pada buku pembelajaran
|
Skor 15
|
Jika peserta didik mampu
menjawab dengan benar/mendekati sesuai dengan rumus/kajian teori pada buku
pembelajaran
|
Skor 10
|
Jika peserta didik
menjawab salah namun sesuai dengan rumus/kajian pada buku pembelajaran
|
Skor 5
|
Jika peserta didik
menjawab salah dan tidak sesuai dengan kajian pada buku pembelajaran
|
Skor 0
|
Jika peserta didik tidak
menjawab pertanyaan yang diberikan
|
Soal no 5
Skor 20
|
Jika peserta didik mampu
menjawab dengan benar poin a,b,c, dan diberi keterangan lengkap serta
rumusnya sesuai dengan kajian pada buku pembelajaran
|
Skor 15
|
Jika peserta didik mampu
menjawab dengan benar poin a dan b dan diberi keterangan lengkap serta
rumusnya sesuai dengan kajian pada buku pembelajaran
|
Skor 10
|
Jika peserta didik
menjawab sdengan benar poin a dan diberi keterangan lengkap serta rumusnya
sesuai dengan kajian pada buku pembelajaran
|
Skor 5
|
Jika peserta didik
menjawab salah namun menulis keterangan lengkap serta rumusnya sesuai dengan
kajian pada buku pembelajaran
|
Skor 0
|
Jika peserta didik tidak
menjawab pertanyaan yang diberikan
|
Kentang agh gawean ne
BalasHapus