CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN
NON TES
1. Daftar Cek
(Checklist)
Daftar Cek
adalah alat rekam observasi memuat sebuah daftar pernyataan tentang aspek-aspek
yang mungkin terdapat dalam sebuah situasi, tingkah laku, dan kegiatan
(individu/kelompok). Gejala-gejala perilaku individu atau konseli dapat
diobservasi dengan instrumen/pedoman
daftar cek yaitu: kebiasaan belajar ekonomi di kelas/di rumah, kebiasaan
belajar pada jam kosong dan saat guru tidak ada di kelas, kebiasaan dan keterampilan bekerja, aktivitas
diskusi kelompok/kelas, keterampilan komunikasi dengan teman sebaya pada jam
istirahat, aktivitas ekstrakurikuler di sekolah (seperti Pramuka, KIR, PMR,
Basket, Volly, dsb.), dan lain-lain topik yang relevan dengan kegiatan akademik
dan non akademik di sekolah.
Contoh Daftar Cek (Checklist)
Pedoman
Daftar Cek
(Individual)
I.
Identitas Siswa
1.
Nama :
.............................................
2.
Kelas/program :
.............................................
3.
NIS/absen :
.............................................
4.
Jenis Kelamin :
.............................................
5.
Tempat/tgl lahir :
.............................................
6.
Hari/tgl observasi :
.............................................
7.
Tempat observasi :
.............................................
8.
Waktu/durasi :
.............................................
II.
Aspek yang diobservasi :
Kebiasaan belajar siswa pada situasi jam kosong dan saat guru tidak ada di
kelas.
III.
Tujuan observasi : Mengetahui kebiasaan belajar siswa
pada situasi jam kosong dan saat guru tidak ada di kelas.
IV.
Petunjuk :
Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pernyataan atau gejala
perilaku yang Anda amati.
V.
Pernyataan/Item
No.
|
Pernyataan
(Sub-Sub Veriabel)
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Membaca
catatan yang lalu.
|
|
|
2.
|
Berbincang
dengan teman tentang materi pelajaran
|
|
|
3.
|
Memprakarsai
teman sekelas melakukan diskusi
|
|
|
4.
|
Berdiskusi
dengan beberapa teman tentang materi pelajaran
|
|
|
5.
|
Menyimak
sendiri bahan pustaka
|
|
|
6.
|
Menyimak
bahan pengayaan yang
ditawarkan
|
|
|
7.
|
Menyusun
masalah sendiri dan berusaha menemukan solusi
|
|
|
8.
|
Melakukan
eksperimen atas prakarsa
sendiri
|
|
|
9.
|
Mengoreksi
kembali PR
|
|
|
Kesimpulan:
.........................................................................................................
.........................................................................................................
Observer
_________
Pedoman
Daftar Cek: Kebiasaan dan Keterampilan Bekerja
(Kelompok)
NO.
|
Nama Siswa
Pernyataan
|
A
|
B
|
C
|
D
|
1.
|
Masuk di
kelas siap
mulai
bekerja.
|
|
|
|
|
2.
|
Mengikuti
pengarahan.
|
|
|
|
|
3.
|
Bekerja
selama pelajaran berlangsung.
|
|
|
|
|
4.
|
Menyelesaikan
tugas-tugas.
|
|
|
|
|
5.
|
Mengerjakan
tugas tertulis.
|
|
|
|
|
6.
|
Bersiap
untuk diskusi kelas.
|
|
|
|
|
7.
|
Meneliti
setiap tugas yang diberikan.
|
|
|
|
|
Kesimpulan:
........................................................................................................................
.........................................................................................................................
Observer
_________
2.
Skala Penilaian (Rating
Scale)
Skala Penilaian adalah
alat rekam observasi yang memuat daftar gejala tingkah laku observable
behavior yang dicatat/cek secara berskala. Proses pengamatan dengan Skala
Penilaian ini, observer mencatat kemunculan perilaku berdasarkan kategori
skala. Jenis skala atau derajat penilaian ada 3 yaitu skala kuantitatif (skala
angka), skala kualitatif (skala deskriptif/kata), dan skala grafis (perpaduan
skala angka dan kata).
Contoh :
Pedoman
Skala Penilaian Kualitatif
I.
Identitas Siswa
1.
Nama :
………………………………..
2.
Kelas/program : ………………………………..
3.
NIS/absen : ………………………………..
4.
Jenis Kelamin : ………………………………..
5.
Tempat/tgl lahir : ………………………………..
6.
Hari/tgl observasi : ………………………………..
7.
Tempat observasi : ………………………………..
8.
Waktu/durasi : ………………………………..
II.
Aspek yang diobservasi : Kebiasaan belajar siswa di rumah
III.
Tujuan observasi : Mengetahui kebiasaan belajar
siswa di rumah
IV.
Petunjuk : Berilah tanda cek
(V) pada skala yang sesuai dengan pernyataan atau gejala perilaku yang Anda
amati.
V.
Pernyataan/Item
No.
|
Sub Variabel
Pernyataan Tingkah laku
|
Skala
|
|||
Selalu
|
Sering
|
Kadang-kadang
|
Tidak
pernah
|
||
1.
|
Belajar
membutuhkan situasi yang tenang (ruang khusus).
|
|
|
|
|
2.
|
Menggunakan
kelengkapan peralatan tulis dan buku.
|
|
|
|
|
3.
|
Menggunakan
fasilitas pendukung belajar, seperti internet, laptop/komputer
|
|
|
|
|
4.
|
Belajar
sambil membuat resume/meringkas.
|
|
|
|
|
5.
|
Belajar
sambil mendengarkan musik
|
|
|
|
|
6.
|
Belajar
di depan TV
|
|
|
|
|
7.
|
Pendampingan
belajar oleh guru privat
|
|
|
|
|
8.
|
Pendampingan
belajar oleh orang tua
|
|
|
|
|
9.
|
Pendampingan
belajar oleh saudara/teman
|
|
|
|
|
10.
|
Waktu
belajar teratur malam hari
|
|
|
|
|
11.
|
Waktu
belajar teratur pagi hari
|
|
|
|
|
12.
|
Waktu
belajar tidak menentu
|
|
|
|
|
13.
|
Tempat
belajar di kamar
Sendiri
|
|
|
|
|
Kesimpulan:
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
Observer
_________
Pedoman
Skala Penilaian Kuantitatif
I.
Identitas Siswa
1.
Nama :
………………………………..
2.
Kelas/program : ………………………………..
3.
NIS/absen : ………………………………..
4.
Jenis Kelamin : ………………………………..
5.
Tempat/tgl lahir : ………………………………..
6.
Hari/tgl observasi : ………………………………..
7.
Tempat observasi : ………………………………..
8.
Waktu/durasi : ………………………………..
II.
Aspek yang diobservasi : Partisipasi diskusi Mata Pelajaran Ekonomi
III.
Tujuan observasi : Mengetahui tingkat partisipasi Siswa pada saat
diskusi di kelas
IV.
Petunjuk : Berilah tanda cek (V) pada skala sesuai
dengan pernyataan atau gejala perilaku yang Anda amati
V.
Pernyataan/Item
No
|
Sub Variabel
Pernyataan Tingkah laku
|
Skala
|
|||||||||
Nilai 4
|
Nilai 3
|
Nilai 2
|
Nilai 1
|
||||||||
10
|
9
|
8
|
7
|
6
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Kehadiran di kelas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Duduk
di tempat yang tersedia di kelas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Mengeluarkan
buku catatan dan peralatan tulis.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Membaca
makalah/power point
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Mendengarkan
penyajian materi diskusi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Bertanya
materi yang
diskusikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Menjawab
pertanyaan sambil berargumen sesuai materi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Menulis/mencatat
hasil diskusi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
Mengantuk
bahkan tertidur
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
Mengerjakan
tugas mata pelajaran lain
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
Berbicara
dengan teman di luar topik diskusi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
Bermain
HP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kesimpulan:
........................................................................................................................................................................................................................................................................
Observer
_________
3.
Catatan Anekdot (Anecdot
Record)
Catatan Anekdot
merupakan alat perekam observasi secara berkala terhadap suatu peristiwa atau
kejadian penting yang melukiskan perilaku dan kepribadian konseli dalam bentuk
pernyataan singkat dan obyektif. Rekaman peristiwa penting itu menggambarkan
perilaku tipik, artinya perilaku keseharian yang terjadi tidak umum, alihalih khusus.
Pencatatan laporan peristiwa penting harus dibedakan antara berita atau fakta
dan pendapat (opini) observer.
Contoh:
Form I: Kartu asli
Siswa:
……………………… L/P
Kelas:
………………………
Kejadian
|
Tanggal:.........................
Tempat:...................
Pengamat:......................
|
Form II: Catatan
Beberapa peristiwa
No.
|
tanggal
|
tempat
|
kejadian
|
Komentar/ interpretasi
|
saran
|
|
|
|
|
|
|
4. Mechanical Devices
Merupakan salah satu alat yang
digunakan dalam observasi. Perkembangan alat-alat optika yang maju memungkinkan
Kemudahan bagi observer untuk mendapatkan data yang data yang perlu diamati
dengan jeli atau pencatatan yang tidak langsung dilakukan.dan dengan Perkembangan
alat-alat optika yang maju memungkinkan seorang observser menggunakan alat
pencatat dalam bentuk alat elektronika.
Contoh alat-alat yang termasuk
dalam Mechanical Device
a.
Tape recorder, untuk merekam pembicaraan.
Tape recorder, mungkin saat ini pengunaan tape
recorder kurang begitu familiar, tape
recorder digunakan untuk merekam data berupa suara. Penyimpananya dapat
berupa kaset maupun memori.
b.
Kamera, untuk merekam berbagai kegiatan secara visual.
Memotret data berupa gambar kejadian pada saat
observasi yang kemudian bisa dilihat kembali untuk lebih menganlisis objek
penelitian.
c.
Film atau video, untuk merekam kegiatan objek
penelitian secara audio-visual.
d.
Berupa alat perekam kaset maupun memori yang
bisa merekam data dalam bentuk gambar beserta suaranya. Rekaman ini bisa
diputar kembali saat observer membutuhkan atau untuk menganalisis lebih
teliti lagi.
Observasi tidak harus mengunakan alat semua alat
diatas namun tergantung kebutuhan, waktu, dan tujan dalam melakukan observasi
tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Mohon maaf apabila masih banyak kesalahan dan kekurangan. Masih harus belajar, hehe :)
semoga bermanfaat