Kamis, 07 Maret 2019

Contoh Instrumen Penilaian Non Tes dan Contoh Penilaian Proyek


Contoh Instrumen Penilaian Non Tes

Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Bimbingan dan Konseling
Dosen Pengampu: Dr. Asrowi, M. Pd









Disusun oleh :
Nama        : Noviana Dwi Saputri
Nim           : K7616049


PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
MEI 2018


CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN NON TES

     1.      Daftar Cek (Checklist)
Daftar Cek adalah alat rekam observasi memuat sebuah daftar pernyataan tentang aspek-aspek yang mungkin terdapat dalam sebuah situasi, tingkah laku, dan kegiatan (individu/kelompok). Gejala-gejala perilaku individu atau konseli dapat diobservasi  dengan instrumen/pedoman daftar cek yaitu: kebiasaan belajar ekonomi di kelas/di rumah, kebiasaan belajar pada jam kosong dan saat guru tidak ada di kelas,  kebiasaan dan keterampilan bekerja, aktivitas diskusi kelompok/kelas, keterampilan komunikasi dengan teman sebaya pada jam istirahat, aktivitas ekstrakurikuler di sekolah (seperti Pramuka, KIR, PMR, Basket, Volly, dsb.), dan lain-lain topik yang relevan dengan kegiatan akademik dan non akademik di sekolah.
Contoh Daftar Cek (Checklist)
Pedoman Daftar Cek
(Individual)

                   I.          Identitas Siswa
1.    Nama                      : .............................................
2.    Kelas/program        : .............................................
3.    NIS/absen               : .............................................
4.    Jenis Kelamin         : .............................................
5.    Tempat/tgl lahir      : .............................................
6.    Hari/tgl observasi    : .............................................
7.    Tempat observasi    : .............................................
8.    Waktu/durasi          : .............................................
                II.          Aspek yang diobservasi      : Kebiasaan belajar siswa pada situasi jam kosong dan saat guru tidak ada di kelas.
             III.          Tujuan observasi                 : Mengetahui kebiasaan belajar siswa pada situasi jam kosong dan saat guru tidak ada di kelas.
             IV.          Petunjuk                 : Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pernyataan atau gejala perilaku yang Anda amati.
                V.          Pernyataan/Item

No.
Pernyataan (Sub-Sub Veriabel)
Ya
Tidak
1.       
Membaca catatan yang lalu.


2.       


Berbincang dengan teman tentang materi pelajaran


3.       
Memprakarsai teman sekelas melakukan diskusi


4.       
Berdiskusi dengan beberapa teman tentang materi pelajaran


5.       
Menyimak sendiri bahan pustaka


6.       
Menyimak bahan pengayaan yang
ditawarkan


7.       
Menyusun masalah sendiri dan berusaha menemukan solusi


8.       
Melakukan eksperimen atas prakarsa
sendiri


9.       
Mengoreksi kembali PR



Kesimpulan:
.........................................................................................................
.........................................................................................................

Observer

 _________

Pedoman Daftar Cek: Kebiasaan dan Keterampilan Bekerja
(Kelompok)
NO.
                       Nama Siswa
Pernyataan
A
B
C
D
1.       
Masuk di kelas siap
mulai bekerja.




2.       
Mengikuti pengarahan.




3.       
Bekerja selama pelajaran berlangsung.




4.       
Menyelesaikan tugas-tugas.




5.       
Mengerjakan tugas tertulis.




6.       
Bersiap untuk diskusi kelas.




7.       
Meneliti setiap tugas yang diberikan.


















Kesimpulan:
........................................................................................................................
.........................................................................................................................


Observer

_________






     2.      Skala Penilaian (Rating Scale)
Skala Penilaian adalah alat rekam observasi yang memuat daftar gejala tingkah laku observable behavior yang dicatat/cek secara berskala. Proses pengamatan dengan Skala Penilaian ini, observer mencatat kemunculan perilaku berdasarkan kategori skala. Jenis skala atau derajat penilaian ada 3 yaitu skala kuantitatif (skala angka), skala kualitatif (skala deskriptif/kata), dan skala grafis (perpaduan skala angka dan kata).
Contoh :
Pedoman Skala Penilaian Kualitatif
I.                   Identitas Siswa
1.      Nama                           : ………………………………..
2.      Kelas/program             : ………………………………..
3.      NIS/absen                   : ………………………………..
4.      Jenis Kelamin              : ………………………………..
5.      Tempat/tgl lahir           : ………………………………..
6.      Hari/tgl observasi        : ………………………………..
7.      Tempat observasi        : ………………………………..
8.      Waktu/durasi               : ………………………………..
II.                Aspek yang diobservasi    : Kebiasaan belajar siswa di rumah
III.             Tujuan observasi               : Mengetahui kebiasaan belajar siswa di rumah
IV.             Petunjuk                            : Berilah tanda cek (V) pada skala yang sesuai dengan pernyataan atau gejala perilaku yang Anda amati.
V.                Pernyataan/Item
No.
Sub Variabel
Pernyataan Tingkah laku
Skala
Selalu
Sering
Kadang-kadang
Tidak
pernah
1.       
Belajar membutuhkan situasi yang tenang (ruang khusus).




2.       
Menggunakan kelengkapan peralatan tulis dan buku.




3.       
Menggunakan fasilitas pendukung belajar, seperti internet, laptop/komputer




4.       
Belajar sambil membuat resume/meringkas.




5.       
Belajar sambil mendengarkan musik




6.       
Belajar di depan TV




7.       
Pendampingan belajar oleh guru privat




8.       
Pendampingan belajar oleh orang tua




9.       
Pendampingan belajar oleh saudara/teman




10.   
Waktu belajar teratur malam hari




11.   
Waktu belajar teratur pagi hari




12.   
Waktu belajar tidak menentu




13.   
Tempat belajar di kamar
Sendiri







Kesimpulan:
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................

Observer

_________
  

Pedoman Skala Penilaian Kuantitatif

I.                   Identitas Siswa
1.      Nama                           : ………………………………..
2.      Kelas/program             : ………………………………..
3.      NIS/absen                   : ………………………………..
4.      Jenis Kelamin              : ………………………………..
5.      Tempat/tgl lahir           : ………………………………..
6.      Hari/tgl observasi        : ………………………………..
7.      Tempat observasi        : ………………………………..
8.      Waktu/durasi               : ………………………………..
II.                Aspek yang diobservasi    : Partisipasi diskusi Mata Pelajaran Ekonomi
III.             Tujuan observasi               : Mengetahui tingkat partisipasi Siswa pada saat diskusi di kelas
IV.             Petunjuk                            : Berilah tanda cek (V) pada skala sesuai dengan pernyataan atau gejala perilaku yang Anda amati
V.                Pernyataan/Item

No

Sub Variabel
Pernyataan Tingkah laku

Skala

Nilai 4
Nilai 3
Nilai 2
Nilai 1
10
9
8
7
6
5
4
3
2
1
1.       
Kehadiran di kelas











2.       
Duduk di tempat yang tersedia di kelas











3.       
Mengeluarkan buku catatan dan peralatan tulis.










4.       
Membaca makalah/power point











5.       
Mendengarkan penyajian materi diskusi










6.       
Bertanya materi yang
diskusikan











7.       
Menjawab pertanyaan sambil berargumen sesuai materi










8.       
Menulis/mencatat hasil diskusi










9.       
Mengantuk bahkan tertidur










10.   
Mengerjakan tugas mata pelajaran lain










11.   
Berbicara dengan teman di luar topik diskusi










12.   
Bermain HP











Kesimpulan:
........................................................................................................................................................................................................................................................................

Observer

_________


3.      Catatan Anekdot (Anecdot Record)
Catatan Anekdot merupakan alat perekam observasi secara berkala terhadap suatu peristiwa atau kejadian penting yang melukiskan perilaku dan kepribadian konseli dalam bentuk pernyataan singkat dan obyektif. Rekaman peristiwa penting itu menggambarkan perilaku tipik, artinya perilaku keseharian yang terjadi tidak umum, alihalih khusus. Pencatatan laporan peristiwa penting harus dibedakan antara berita atau fakta dan pendapat (opini) observer.
Contoh:




Form I: Kartu asli

Siswa: ……………………… L/P
Kelas: ………………………

Kejadian
Tanggal:.........................
Tempat:...................





Pengamat:......................

Form II: Catatan Beberapa peristiwa

No.
tanggal
tempat
kejadian
Komentar/ interpretasi
saran















4.      Mechanical Devices

Merupakan salah satu alat yang digunakan dalam observasi. Perkembangan alat-alat optika yang maju memungkinkan Kemudahan bagi observer untuk mendapatkan data yang data yang perlu diamati dengan jeli atau pencatatan yang tidak langsung dilakukan.dan dengan Perkembangan alat-alat optika yang maju memungkinkan seorang observser menggunakan alat pencatat dalam bentuk alat elektronika.
Contoh alat-alat yang termasuk  dalam Mechanical Device
a.       Tape recorder, untuk merekam pembicaraan.
Tape recorder, mungkin saat ini pengunaan tape recorder kurang  begitu  familiar,     tape recorder digunakan untuk merekam  data berupa suara. Penyimpananya dapat berupa kaset maupun memori.
b.      Kamera, untuk merekam berbagai kegiatan secara visual.
Memotret data berupa gambar kejadian pada saat observasi yang kemudian bisa dilihat kembali untuk lebih menganlisis objek penelitian.
c.       Film atau video, untuk merekam kegiatan objek penelitian secara audio-visual.
d.      Berupa alat perekam kaset maupun memori  yang bisa merekam data dalam bentuk gambar beserta  suaranya. Rekaman ini bisa diputar kembali saat observer membutuhkan atau untuk menganalisis lebih teliti  lagi.
Observasi tidak harus mengunakan alat semua alat diatas namun tergantung kebutuhan, waktu, dan tujan dalam melakukan observasi tersebut.






CONTOH PENILAIAN PROYEK 

Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Bimbingan dan Konseling
Dosen Pengampu: Dr. Asrowi, M. Pd


  





Disusun oleh :
Nama        : Noviana Dwi Saputri
Nim           : K7616049

PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
MEI 2018



CONTOH PENILAIAN PROYEK
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Jenjang                        : SMA
Kelas / Semester          : X/2

Kompetensi Dasar:
3. 4   Menganalisis indeks harga dan inflasi.
Indiktor:
3. 4. 1     Menjelaskan pengertian, ciri-ciri, dan tujuan, perhitungan indeks
 harga.
3. 4. 2     Menjelaskan pengertian, penyebab, jenis-jenis, cara menghitung    
 inflasi.
3. 4. 3     Menjelaskan peranan indeks harga dalam perekonomian.
3. 4. 4     Menjelaskan metode perhitungan indeks harga.
3. 4. 5     Menjelaskan dampak inflasi.
3. 4. 6     Menjelaskan cara mengatasi inflasi.
Tugas:
Lakukan penelitian sederhana dengan mencari data mengenai pengaruh inflasi melalui media cetak maupun media elektronik terhadap perekonomian di Indonesia (penyebab, dampak dan cara mengatasi).

ASPEK
KRITERIA DAN SKOR
3
2
1
PERSIAPAN
Jika memuat penyebab,dampak, alasan dan cara mengatasi dengan lengkap.
Jika memuat penyebab,dampak, alasan dan cara mengatasi kurang lengkap.
Jika memuat penyebab,dampak, alasan dan cara mengatasi tidak lengkap
PENGUMPULAN DATA
Jika data tercatat dengan rapi, relevan dan lengkap.
Jika data tercatat kurang rapi, kurang relevan dan kurang lengkap
Jika data tercatat tidak rapi, tidak relevan dan tidak lengkap
PENGOLAHAN DATA
Jika pembahasan data sesuai tujuan penelitian
Jika pembahasan data kurang menggambarkan tujuan penelitian
Jika sekedar melaporkan hasil penelitian tanpa membahas data
PELAPORAN TERTULIS
Jika sistimatika penulisan benar, memuat saran, bahasa komunikatif.
Jika sistimatika penulisan benar, memuat saran, namun bahasa kurang komunikatif
Jika penulisan kurang sistimatis, bahasa kurang komunikatif, kurang memuat saran


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf apabila masih banyak kesalahan dan kekurangan. Masih harus belajar, hehe :)
semoga bermanfaat